DALIL MENGUCAPKAN SYAHADAT...

Bung  Maria Maghdalena  bertanya soal dalil syahadat dengan mengutip QS 6:19 : Katakanlah: "Siapakah yang lebih kuat persaksianny...


Bung Maria Maghdalena bertanya soal dalil syahadat dengan mengutip QS 6:19 : Katakanlah: "Siapakah yang lebih kuat persaksiannya?" Katakanlah: "Allah". Dia menjadi saksi antara aku dan kamu. Dan Al Quran ini diwahyukan kepadaku supaya dengan dia aku memberi peringatan kepadamu dan kepada orang-orang yang sampai Al-Quran (kepadanya). Apakah sesungguhnya kamu mengakui bahwa ada tuhan-tuhan lain di samping Allah?" Katakanlah: "Aku tidak mengakui". Katakanlah: "Sesungguhnya Dia adalah Tuhan Yang Maha Esa dan sesungguhnya aku berlepas diri dari apa yang kamu persekutukan (dengan Allah)".
lalu mengajukan pertanyaan :
Kalimat syahadat Al Quran tidak sesuai dengan syahadat rukun Islam. Darimana kemunculan 2 kalimat syahadat sebagai salah satu rukun Islam berasal ? Mengapa Al Quran tidak menuliskan perintah ini ? Namun masih tetap dilakukan.
Jawabannya :
Perintah bersyahadat itu berdasarkan hadits nabi yang didukung oleh ayat-ayat Al-Qur'an.
Haditsnya :
Shahih Bukhari 7: Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Musa dia berkata, telah mengabarkan kepada kami Hanzhalah bin Abu Sufyan dari 'Ikrimah bin Khalid dari Ibnu Umar berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Islam dibangun diatas lima (landasan); persaksian tidak ada ilah selain Allah dan sesungguhnya Muhammad utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, haji dan puasa Ramadlan".
Syahadat sebagai ikrar seseorang masuk Islam hanya berlaku bagi kafir yang bertaubat, alasannya adalah sebagai pemberitahuan kepada masyarakat bahwa dia sudah beragama Islam dan layak diperlakukan secara Islam, misalnya ketika meninggal dunia, terkait hukum waris, dll.
Sedangkan orang yang sudah Islam dari lahir tidak perlu lagi bersyahadat karena ajaran Islam menyatakan semua manusia sebelum lahir sudah mengakui Allah. Bagi umat Islam, ucapan syahadat tersebut tidak disampaikan secara khusus ketika mulai masuk Islam, melainkan merupakan bagian dari bacaan shalat yang diulang-ulang setiap hari. Alasannya karena Islam berpendapat bahwa manusia itu terlahir dalam keadaan Muslim :
Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): "Bukankah Aku ini Tuhanmu?" Mereka menjawab: "Betul (Engkau Tuhan kami), kami menjadi saksi". (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: "Sesungguhnya kami (bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan)", (Al-A'raaf: 172)
Ini sejalan dengan hadits Rasulullah :
“Tidak ada seorang anakpun yang terlahir kecuali dia dilahirkan dalam keadaan fithrah. Maka kemudian kedua orang tuanyalah yang akan menjadikan anak itu menjadi Yahudi, Nashrani atau Majusi.” (HR. Al-Bukhari no. 1270)
Selain berikrar hanya mengakui Allah, syahadat juga harus diisi ikrar untuk mengakui nabi Muhammad, juga berdasarkan ayat Al-Qur'an justru dari ayat yang anda sampaikan bung Maria Maghdalena, cuma kelihatannya anda tidak cermat memahaminya :
Katakanlah: "Siapakah yang lebih kuat persaksiannya?" Katakanlah: "Allah". Dia menjadi saksi antara aku dan kamu. Dan Al Quran ini diwahyukan kepadaku supaya dengan dia aku memberi peringatan kepadamu dan kepada orang-orang yang sampai Al-Quran (kepadanya). (Al-An'aam 19)
Persaksian Allah yang kuat tersebut menyangkut juga tentang kebenaran diturunkannya Al-Qur'an kepada nabi Muhammad, maka ikrar kepada beliau juga harus dilakukan sebagaimana ikrar untuk mengakui Allah sebagai Tuhan.
Juga didukung ayat lain :
“Katakanlah: Jika kalian mencintai Allah maka ikutilah aku niscaya Allah akan mencintai dan mengampuni dosa-dosamu. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Ali Imran:31)
“Dan apa yang dibawakan Rasul kepadamu maka ambillah.Dan yang dilarangnya bagimu maka tinggalkanlah.” (QS. Al Hasyr:7)
Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu hanyalah orang-orang yang percaya (beriman) kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian mereka tidak ragu-ragu dan mereka berjuang (berjihad) dengan harta dan jiwa mereka pada jalan Allah. Mereka itulah orang-orang yang benar. (Al-Hujuurat 15)
Kesimpulannya : mengucapkan kalimat syahadat merupakan perbuatan yang didukung dalil-dalil Al-Qur'an dan hadits Rasulullah, dan keduanya sejalan..
https://www.facebook.com/groups/Edyprayitno/permalink/818877548212193/
Trims

COMMENTS

Nama

#PenjarakanAhok,1,Ada-Ada aja,6,Adab,1,Akhir Zaman,2,Akidah,2,Al-Qur'an,10,Alkitab,6,apa aja,5,Cemut,1,Cristology,25,Debat,7,Domba Yang Dungu,2,Facebook,1,Fremasonry,1,Hadits,2,Hikmah,3,Indonesia,3,Inspirasi,1,Internasional,3,Islam,4,Jalaluddin Rahmat,1,Kajian,5,LGBT,1,Menjawab Fitnah,8,Muallaf,2,Muslimah,1,Nabi Muhammad Saw,6,News,11,Ramadhan,1,Rohingya,3,Sejarah,6,Syiah,2,Tanggal,1,Tebu Ireng,1,Utama,8,Wanita,1,Yahudi,1,Yesus,2,Zeonis,1,
ltr
item
Mimi Syifa Blog: DALIL MENGUCAPKAN SYAHADAT...
DALIL MENGUCAPKAN SYAHADAT...
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjqKxbWCXdAzvb1KgWQbjEPEX_CnvN6lO-6O1OUUNPH9qjYc5YF1rpSURj14p7rQsaIszvAXK1-LSVVpX4h5SxqY4D-KjS6Mmy8mvNUomDHBVAnVIUaNIVvFAA2n8RgZZW2XsFEoTK8Vl8/s1600/syahadat.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjqKxbWCXdAzvb1KgWQbjEPEX_CnvN6lO-6O1OUUNPH9qjYc5YF1rpSURj14p7rQsaIszvAXK1-LSVVpX4h5SxqY4D-KjS6Mmy8mvNUomDHBVAnVIUaNIVvFAA2n8RgZZW2XsFEoTK8Vl8/s72-c/syahadat.jpg
Mimi Syifa Blog
http://mimi-syifa.blogspot.com/2016/05/dalil-mengucapkan-syahadat.html
http://mimi-syifa.blogspot.com/
http://mimi-syifa.blogspot.com/
http://mimi-syifa.blogspot.com/2016/05/dalil-mengucapkan-syahadat.html
true
6340205783433232940
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy