NASIB "INJIL-INJIL LAIN" SETELAH KONSILI NICEA 325M

Yesus tercatat memiliki 12 orang murid utama dan 70 orang murid biasa. Tapi anehnya, dari Yesus dan ke-82 Muridnya ini hanya 4 injil ...


Yesus tercatat memiliki 12 orang murid utama dan 70 orang murid biasa.
Tapi anehnya, dari Yesus dan ke-82 Muridnya ini hanya 4 injil saja yang diakui oleh pengikut Paulus, padahal tidak sedikit murid Yesus yang menulis Injil. Bahkan Yesus sendiri diduga juga menulis beberapa catatan tentang Injil.
Keempat injil tsb adalah Markus, Matius, Lukas dan Yohanes. Sedangkan naskah paling tua dari keempat Injil ini ditulis dalam bahasa Yunani.

Aneh bukan? 
Padahal Yesus dipastikan bertutur dalam bahasa Ibrani seperti peangakuannya sendiri bahwa dia diutus oleh Tuhan hanya dan untuk bangsa Israel saja, yaitu bangsa yang bertutur dalam bahasa Ibrani. Kenapa injil terpilih justru yang ditulis dalam bahasa Yunani?

Dari keempat Injil ini, Injil Yohanes yang paling berbeda karena dipengaruhi filsafat Yunani seperti pada paragraf 1 Injil Yohanes tentang Firman atau logos. Ini membuat Injil yang satu dengan yang lain semakin saling bertentangan.
Menariknya, dari 4 injil ini tidak terlalu sulit bagi kita untuk menemukan sendiri indikasi adanya Injil yang digunakan oleh Yesus, seperti contohnya:
[Matius 9:35] Demikianlah Yesus berkeliling kota dan desa, ia mengajar dalam rumah-rumah ibadah dan memberitakan Injil, kerajaan surga dan melenyapkan penyakit.
[Lukas 20:1] Pada suatu hari ketika Yesus mengajar orang banyak di baitullah dan memberitakan Injil.

Tapi, Injil mana yang dimaksud di sini? 
Jika ke-4 Injil yang kita kenal sekarang, bagaimana mungkin umat Paulus dapat meyakinkan kita?

INGAT! Ke-4 Injil yang sekarang dianggap sebagai bagian dari kitab suci oleh pengikut Paulus adalah hasil keputusan sebuah Konsili di Nicea, Eropa pada tahun 325M, atau tiga abad setelah ketiadaan Yesus!
Artinya klaim bahwa injil-injil tsb masuk dalam kategori "asli" atau "suci" sebetulnya bukan merupakan keputusan Tuhan, melainkan hanya keputusan berjama'ah segelintir petinggi gereja pro Paulus dan kekaisaran Romawi yang kala itu berkuasa sehingga dengan mudah dapat menyingkirkan dari konsili tsb sejumlah besar petinggi gereja-gereja lainnya yang menentang keras ajaran Trinitas yang akan disebarkan melalui ke-4 injil yang mereka pilih!

Baca latar belakang konsili Nicea di sini:

Manusia-manusia inilah yang bukan atas otoritas dari Tuhan, termasuk tentu saja tanpa persetujuan Yesus, menetapkan ke-4 Injil tadi sebagai kitab suci.
Tidak berhenti hanya sampai di situ, dengan memanfaatkan kekuatan militer Romawi yang sedang berkuasa, mereka kemudian merampas paksa injil-injil lain yang beredar luas di berbagai daerah kekuasaan Romawi, dan membakarnya hingga menjadi abu!
Bahkan melalui sebuah dekrit yang diterbitkan oleh penguasa Romawi pasca Konsili Nicea, diumumkan secara luas bahwa siapapun yang kedapatan menyimpan atau membaca injil-injil di luar 4 injil yang mereka pilih, terancam akan ditangkap dan dihukum mati!
Terkait peristiwa ini, Paulus menulis dalam salahsatu suratnya begini:
[Galatia 1:6-9] Tetapi sekalipun kami atau seorang Malaikat dari surga yang memberikan kamu suatu Injil yang berbeda dengan Injil yang telah kami beritakan kepadamu terkutuklah dia.
Mengingat sudah terbukti dari alkitab sendiri bahwa Paulus adalah seorang pendusta, maka tidak terlalu sulit bagi kita untuk mengerti bahwa Injil yang berbeda dari ke-4 injilnya, tentulah Injil yang benar, bukan?

Nah, injil yang manakah itu? 
-------------------------------------------------------------------------------------------
CATATAN:
Encyclopedia Britannica vol. II halaman 106-118 (dikutip dalam buku Masyhud SM "Dialog santri dan Pendeta") mencata nama-nama Injil dan Tulisan-tulisan yang dianggap suci oleh beberapa sekte kristen kuno yang dimusuhi sekte Kristen Roma, yang tidak terdapata di dalam alkitab yang sekarang. Injil-injil tersebut digolongkan sebagai apokrip (dilarang dibaca), seperti dalam daftar di sini:

[Sumber: Fakultas Mendemologi - ITKK | Islam Menyelidiki Yesus]
  
Trims

COMMENTS

BLOGGER: 6
Loading...
Nama

#PenjarakanAhok,1,Ada-Ada aja,6,Adab,1,Akhir Zaman,2,Akidah,2,Al-Qur'an,10,Alkitab,6,apa aja,5,Cemut,1,Cristology,25,Debat,7,Domba Yang Dungu,2,Facebook,1,Fremasonry,1,Hadits,2,Hikmah,3,Indonesia,3,Inspirasi,1,Internasional,3,Islam,4,Jalaluddin Rahmat,1,Kajian,5,LGBT,1,Menjawab Fitnah,8,Muallaf,2,Muslimah,1,Nabi Muhammad Saw,6,News,11,Ramadhan,1,Rohingya,3,Sejarah,6,Syiah,2,Tanggal,1,Tebu Ireng,1,Utama,8,Wanita,1,Yahudi,1,Yesus,2,Zeonis,1,
ltr
item
Mimi Syifa Blog: NASIB "INJIL-INJIL LAIN" SETELAH KONSILI NICEA 325M
NASIB "INJIL-INJIL LAIN" SETELAH KONSILI NICEA 325M
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg-vP0Zqv8ClToaoG60aBBfvAPqa1ez6Uf2rAhEoCpzl-qQHdJOnpoW2JBs0ft4gGjJWSYEsHjNNTk8tXDpr7rNwhYUMxc8GnsnR2SGAkgfh0GhHxbg3PVJB4i2qLzi_smuOyCUifOt-ak/s320/konsili+nicea.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg-vP0Zqv8ClToaoG60aBBfvAPqa1ez6Uf2rAhEoCpzl-qQHdJOnpoW2JBs0ft4gGjJWSYEsHjNNTk8tXDpr7rNwhYUMxc8GnsnR2SGAkgfh0GhHxbg3PVJB4i2qLzi_smuOyCUifOt-ak/s72-c/konsili+nicea.jpg
Mimi Syifa Blog
http://mimi-syifa.blogspot.com/2016/07/nasib-injil-injil-lain-setelah-konsili.html
http://mimi-syifa.blogspot.com/
http://mimi-syifa.blogspot.com/
http://mimi-syifa.blogspot.com/2016/07/nasib-injil-injil-lain-setelah-konsili.html
true
6340205783433232940
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy