Baru Diresmikan, Ridwan Saidi Minta Monumen Perjuangan Laskar Tionghoa Dibongkar

 Budayawan yang juga pengamat politik, Ridwan Saidi, meminta pemerintah pusat maupun Pemprov DKI membongkar monumen perjuangan laskar Tion...

 Budayawan yang juga pengamat politik, Ridwan Saidi, meminta pemerintah pusat maupun Pemprov DKI membongkar monumen perjuangan laskar Tionghoa di Taman Mini Indonesia Indonesia (TMII) Jakarta Timur (Jaktim) yang baru saja diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo pada Sabtu (14/11/2015). Sebab, katanya, hal itu hanya akan menciptakan konflik Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan (SARA).

"Monumen ini harus dibongkar oleh pemerintah. Jangan main SARA dalam pahlawan," kata Ridwan Saidi kepada Harian Terbit, Senin (16/11/2015). 

Apabila pemerintah membiarkan monumen itu berdiri, menurutnya, Mendagri yang meresmikan monumen itu harus bertanggungjawab apabila terjadi konflik SARA kedepannya.

"Ini Mendagri sama saja membuat gelar pahlawan baru, pahlawan SARA yang dibuat di dalam negeri," sesalnya.

Dia menegaskan, pahlawan di Indonesia tidak boleh dikotak-kotakkan atas adanya monumen ini. Sebab, hal itu sama menimbulkan diskriminasi antar etnis di Indonesia.

Maka dari itu, dia mempertanyakan maksud dari Mendagri Tjahjo Kumolo meresmikan monumen ini dengan dalil menghargai jasa-jasa pahlawan dari etnis Tionghoa.

"‎Jangan dikotakan kalau pahlawan untuk Indonesia. Ini maksudnya apa? Nanti itu terjadi diskriminasi. Semua etnis nanti minta monumen semua," tuturnya.

Selain itu, tambahnya, masalah pahlawan ini sudah terdapat di pemerintahan yang menanganinya, yakni Kementerian Sosial (Kemensos). Sehingga, Mendagri tidak perlu ikut campur dalam masalah. ‎"Kalau mau lihat siapa saja pahlawan dari Tionghoa, kan daftarnya ada di Kemensos," ungkapnya.

Sebelumnya, Mendagri Tjahjo Kumolo meresmikan Monumen Perjuangan Laskar Tionghoa di Taman Budaya Tionghoa di TMII Jaktim. Tjahjo menyambut baik pembangunan monumen ini sebagai bentuk perjuangan kepada pejuang bangsa.

"Monumen ini sangat penting karena mengingatkan siapa leluhur kita, perjuangan bangsa kita melawan penjajah," kata Tjahjo di TMII, Jaktim, Sabtu (14/11/2015).

Tjahjo mengatakan, pembangunan monumen ini juga harus dijadikan sebagai momentum persatuan dan kesatuan bangsa. Menurutnya, sudah tidak ada lagi permasalahan ras, suku dan agama di tanah air ini. "Jangan sampai kita tercerai berai karena keberagaman, kita harus hidup penuh kedamaian. Tidak ada lagi mayoritas dan minoritas!" tegasnya.

Monumen ini sendiri menceritakan tentang perjuangan laskar Tionghoa dan Jawa dalam melawan VOC Belanda yang menjajah bangsa Indonesia. Monumen ini menceritakan perjuangan bangsa selama tiga tahun yaitu pada tahun 1740-1743 dalam mengusir VOC.‎ [hanter]

Jangan Lupa Komen and Likenya... Trus Bantu Rate nya Di Bawah Ini..
Trims

COMMENTS

Nama

#PenjarakanAhok,1,Ada-Ada aja,6,Adab,1,Akhir Zaman,2,Akidah,2,Al-Qur'an,10,Alkitab,6,apa aja,5,Cemut,1,Cristology,25,Debat,7,Domba Yang Dungu,2,Facebook,1,Fremasonry,1,Hadits,2,Hikmah,3,Indonesia,3,Inspirasi,1,Internasional,3,Islam,4,Jalaluddin Rahmat,1,Kajian,5,LGBT,1,Menjawab Fitnah,8,Muallaf,2,Muslimah,1,Nabi Muhammad Saw,6,News,11,Ramadhan,1,Rohingya,3,Sejarah,6,Syiah,2,Tanggal,1,Tebu Ireng,1,Utama,8,Wanita,1,Yahudi,1,Yesus,2,Zeonis,1,
ltr
item
Mimi Syifa Blog: Baru Diresmikan, Ridwan Saidi Minta Monumen Perjuangan Laskar Tionghoa Dibongkar
Baru Diresmikan, Ridwan Saidi Minta Monumen Perjuangan Laskar Tionghoa Dibongkar
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgO8J7-KubSTCWt3oxM81QBFF-LJ7n9HCbQ6al9JJZhXTtiXe7usx2w9URAL32FUI2qnCuil4-Qby6wbH6D4q-0uPn5ypCfyy9l1GrFfMlSeEB7lrqhPiZAExE4O3XOar8jSW08doFVtsc/s320/monumen+tionghoa.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgO8J7-KubSTCWt3oxM81QBFF-LJ7n9HCbQ6al9JJZhXTtiXe7usx2w9URAL32FUI2qnCuil4-Qby6wbH6D4q-0uPn5ypCfyy9l1GrFfMlSeEB7lrqhPiZAExE4O3XOar8jSW08doFVtsc/s72-c/monumen+tionghoa.jpg
Mimi Syifa Blog
http://mimi-syifa.blogspot.com/2016/02/baru-diresmikan-ridwan-saidi-minta.html
http://mimi-syifa.blogspot.com/
http://mimi-syifa.blogspot.com/
http://mimi-syifa.blogspot.com/2016/02/baru-diresmikan-ridwan-saidi-minta.html
true
6340205783433232940
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy